Hati-Hati Smartphone Adalah Sumber Munculnya Jerawat dan Kanker

Hati-Hati Smartphone Adalah Sumber Munculnya Jerawat dan Kanker Selain uang, perangkat mobile adalah barang yang sering digunakan manusia dan memiliki tingkat 'jorok' lebih tinggi dibandingkan dudukan toilet.

Oleh karenanya, ada mitos yang mengatakan bahwa salah satu penyebab munculnya jerawat selain karena lemak, kotoran pada wajah, kebersihan wajah sendiri adalah penggunaan perangkat mobile.

Sekarang ini, tidak banyak orang yang terlalu peduli dengan kebersihan perangkat mobile mereka. Rata-rata hanya membersihkan kurang dari 2 kali dalam satu minggunya, itu pun hanya pada layarnya saja.

Namun menurut penelitian, ternyata perangkat mobile baik itu ponsel, smartphone, phablet atau gadget lainnya juga memiliki peran untuk menumbuhkan jerawat di sekitar rahang dan beberapa bagian dari pipi.

"Beberapa orang menggunakan perangkat mobilenya untuk melakukan atau menerima panggilan dalam jangka waktu lama. Walaupun banyak yang menggunakan headset untuk aktivitas menelepon ini, namun tidak jarang dari mereka yang langsung menempelkan perangkat mobilenya itu pada bagian sekitar telinga, rahang dan pipi. Minyak pada wajah secara otomatis menyerap bakteri dan kotoran yang ada pada permukaan perangkat dan akhirnya memunculkan jerawat," jelas Neil Sadick, seorang ahli dermatologi.

Kotoran yang menempel di perangkat mobile tersebut terkadang berasal dari tangan pengguna sendiri, dari tempat gadget itu diletakkan pada suatu waktu dan juga apabila terjatuh di suatu tempat.

Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa tidak hanya jerawat saja, kemungkinan terburuk adalah munculnya kanker kulit.

Namun, tidak semua orang berpendapat sama bahwa akan munculnya jerawat sampai kanker yang disebabkan oleh perangkat mobile. Ada banyak juga peneliti yang tidak sepakat dengan pendapat tersebut.

"Kulit manusia memiliki sistem imun khusus dan sendiri. Sistem ini dapat menangani permasalahan tersebut secara maksimal. Banyak bagian dari perangkat mobile yang tidak memiliki pengaruh pada kulit manusia atau juga dapat menimbulkan jerawat bahkan kanker kulit," jelas Doris Day, seorang dermatolog dari Upper East Side.

Memang Day mengatakan bahwa ada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif terhadap logam, nikel khususnya dan beberapa perangkat mobile contohnya iPhone keluaran lama mengandung logam tersebut.

Akan tetapi dia bersikukuh bahwa apa yang muncul di wajah karena penggunaan perangkat mobile itu bukanlah jerawat atau kanker kulit. Hal itu hanyalah iritasi ringan karena memang sensitivitas kulit terhadap nikel saja.

Tags penyebab jerawat dan cara mengatasinya makanan penyebab jerawat penyebab jerawat batu penyebab jerawat di pipi penyebab timbulnya jerawat penyebab jerawat di punggung hormon penyebab jerawat artikel penyebab jerawat batu